makanan untuk pasien diabetes melitus

makanan untuk pasien diabetes melitus – Ikan Berlemak ( Fatty Fish), Sayuran Hijau, Kayu Manis,Telur, Kunyit, Yogurt, Kacang, Brokoli, Minyak Zaitun, Cuka Apel, Stroberi & Bawang putih

makanan untuk penderita diabetes

Mencari makanan terbaik buat dimakan dikala Anda mengidap diabet bisa jadi akan sulit ditemukan.

Untuk memelihara supaya kandungan gula darah terkendali dengan baik, penting pula untuk konsumsi makanan yang bisa membantu menghindari komplikasi diabet seperti penyakit jantung.

Berikut merupakan 12 makanan untuk pasien diabetes melitus, baik tipe 1 serta tipe 2:

  • Ikan Berlemak( Fatty Fish)

Fatty Fish ialah salah satu makanan yang sangat sehat.

Salmon, sarden, herring, anchovies serta mackerel merupakan sumber besar asam lemak omega- 3 DHA serta EPA, yang mempunyai khasiat besar untuk kesehatan jantung.

Mengkonsumsi yang Pas serta teratur sangat berguna untuk penderita diabetes yang mempunyai peningkatan resiko penyakit jantung serta stroke.

DHA serta EPA melindungi sel- sel yang menyelimuti pembuluh darah Anda, kurangi tanda- tanda peradangan serta tingkatkan fungsi arteri Anda sesudah makan.

Beberapa riset observasi menampilkan kalau orang yang makan ikan secara teratur mempunyai resiko gagal jantung yang lebih rendah serta lebih kecil kemungkinannya wafat akibat penyakit jantung.

Ikan juga merupakan sumber protein bermutu tinggi, yang bisa membantu Anda merasa kenyang serta tingkatkan tingkat metabolisme Anda.

“ Fatty Fish memiliki lemak omega- 3 yang bisa mengurangi peradangan serta aspek resiko lain buat penyakit jantung serta stroke.”

  • Sayur- mayur ( sayuran ) Hijau

Sayur- mayur hijau sangat bergizi serta rendah kalori serta pula sangat rendah karbohidrat yang bisa diolah dan bisa tingkatkan kandungan gula darah Anda.

Bayam, kangkung, serta sayur- mayur hijau yang lain ialah sumber vit serta mineral yang baik, termasuk vit C.

Peningkatan konsumsi vit C kurangi penanda inflamasi serta kadar gula darah puasa buat orang dengan diabet jenis 2 ataupun tekanan darah tinggi.

Tidak hanya itu, sayur- mayur hijau merupakan sumber antioksidan lutein serta zeaxanthin yang baik.

Antioksidan ini melindungi mata Anda dari degenerasi makula serta katarak yang merupakan komplikasi dari diabet yang universal.

“ Sayur- mayur hijau kaya akan nutrisi serta antioksidan yang bisa melindungi kesehatan jantung serta mata Anda.”

  • Kayu Manis

Kayu manis merupakan bumbu yang lezat yang memiliki antioksidan.

kayu manis bisa mengurangi kandungan gula darah serta tingkatkan sensitivitas insulin.

Kontrol diabetes jangka panjang umumnya ditentukan dengan mengukur hemoglobin A1c, yang mencerminkan kandungan gula darah rata- rata selama 2- 3 bulan.

Dalam satu riset, penderita diabet jenis 2 yang komsumsi kayu manis selama 90 hari mempunyai lebih dari 2 kali lipat penurunan hemoglobin A1c, dibanding dengan mereka yang hanya menerima perawatan standar.

kayu manis juga bisa menurunkan kandungan kolesterol serta trigliserida.

“ Kayu manis bisa tingkatkan kontrol gula darah, sensitivitas insulin, kandungan kolesterol serta trigliserida pada pengidap diabet jenis 2.”

  • Telur

Telur mempunyai khasiat kesehatan yang luar biasa.

Telur merupakan salah satu makanan terbaik buat membuat Anda merasa kenyang sepanjang berjam- jam.

Mengkonsumsi telur secara tertib juga bisa kurangi resiko penyakit jantung Anda dengan beberapa metode.

Telur bisa kurangi peradangan, tingkatkan sensitivitas insulin, tingkatkan kandungan kolesterol HDL“ baik” Anda serta memodifikasi dimensi serta bentuk kolesterol LDL“ kurang baik” Anda.

Orang dengan diabet jenis 2 yang komsumsi 2 butir telur tiap hari bagaikan bagian dari diet besar protein hadapi kenaikan kandungan kolesterol serta gula darah.

Tidak hanya itu, telur merupakan salah satu sumber terbaik lutein serta zeaxanthin, antioksidan yang melindungi mata dari penyakit.

Pastikan untuk makan telur utuh sebab nutrisi yang ditemukan di kuning telur.

“ Telur tingkatkan faktor resiko penyakit jantung, tingkatkan kontrol gula darah yang baik, melindungi kesehatan mata, serta membuat Anda merasa kenyang.”

  • Kunyit

Kunyit merupakan rempah dengan khasiat kesehatan yang banyak, Bahan aktifnya, curcumin, bisa menurunkan peradangan serta kandungan gula darah, sekalian kurangi resiko penyakit jantung.

Curcumin berguna untuk kesehatan ginjal pada pengidap diabet.

Sayangnya, curcumin tidak terserap dengan baik. Pastikan untuk komsumsi kunyit dengan piperine( dijumpai dalam lada hitam) untuk tingkatkan penyerapan.

“ Kunyit memiliki curcumin, yang bisa mengurangi kandungan gula darah serta peradangan, sekalian melindungi dari penyakit jantung serta ginjal.”

  • Yogurt

Yoghurt merupakan susu yang bagus untuk pengidap diabetes.

Sudah teruji tingkatkan kontrol gula darah serta kurangi resiko penyakit jantung, mungkin sebagian karena probiotik yang di milikinya.

Riset sudah menemukan kalau yogurt serta santapan susu yang lain bisa menyebabkan penyusutan berat tubuh serta kenaikan komposisi badan pada orang dengan diabet jenis 2.

Diyakini kalau kandungan kalsium tinggi serta asam linolat terkonjugasi( CLA) dairy bisa memainkan peran.

yogurt hanya memiliki 6- 8 gr karbohidrat per porsi, yang lebih rendah dari yogurt konvensional.

Ini pula lebih tinggi protein, yang bisa menopang penurunan berat tubuh dengan mengurangi nafsu makan serta kurangi konsumsi kalori.

“ Yoghurt tingkatkan kandungan gula darah yang sehat, mengurangi aspek resiko penyakit jantung serta bisa menolong dalam pengelolaan berat tubuh.”

  • Kacang

Seluruh jenis kacang memiliki serat serta rendah karbohidrat yang bisa diolah, walaupun sebagian mempunyai lebih dari yang lain.

Berikut merupakan jumlah karbohidrat yang bisa dicerna per 1- ons( 28 gr) kacang:

Almond: 2, 6 gram

Kacang brazil: 1, 4 gram

Kacang mete: 7, 7 gram

Hazelnut: 2 gram

Macadamia: 1, 5 gram

Kemiri: 1, 2 gram

Pistachio: 5 gram

Kacang kenari: 2 gram

Riset pada bermacam kacang yang berbeda sudah menunjukkan kalau mengkonsumsi teratur bisa kurangi peradangan serta mengurangi kandungan gula darah, HbA1c serta LDL.

Pengidap diabetes yang memasukkan 30 gr kenari dalam diet hariannya sepanjang satu tahun mengalami penyusutan berat tubuh, mengalami perbaikan dalam komposisi badan serta mengalami penyusutan kandungan insulin yang signifikan.

Penemuan ini penting sebab orang dengan diabet jenis 2 kerap mengalami kenaikan kandungan insulin, yang terpaut dengan kegemukan.

Tidak hanya itu, sebagian peneliti yakin kandungan insulin kronis yang tinggi meningkatkan resiko penyakit serius yang lain, semacam kanker serta penyakit Alzheimer.

“ Kacang- kacangan merupakan tambahan makanan sehat untuk diet diabet,

rendah karbohidrat yang bisa di cerna serta menolong kurangi kandungan gula darah, insulin serta LDL.”

  • Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayur- mayur paling bergizi di sekitar. Separuh cangkir brokoli yang dimasak hanya mengandung 27 kalori serta 3 gr karbohidrat yang bisa dicerna, bersama dengan nutrisi penting seperti vit C serta magnesium.

Studi pada pengidap diabetes sudah menemukan kalau brokoli bisa menolong menurunkan kandungan insulin serta melindungi sel dari radikal bebas berbahaya yang dihasilkan selama metabolisme.

brokoli merupakan sumber lutein serta zeaxanthin yang baik.

Antioksidan penting ini menolong mencegah penyakit mata.

“ Brokoli merupakan makanan rendah kalori serta rendah karbohidrat dengan nilai gizi tinggi yang bisa melindungi terhadap bermacam penyakit.”

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun sangat berguna untuk kesehatan jantung. Ini memiliki asam oleat, sejenis lemak tidak jenuh tunggal yang sudah teruji meningkatkan trigliserida serta HDL, yang acapkali pada tingkat tidak sehat pada diabet tipe 2.

Minyak zaitun pula memiliki antioksidan yang disebut polifenol. Mereka mengurangi peradangan, melindungi sel- sel yang melapisi pembuluh darah Anda, melindungi kolesterol LDL Anda dari menjadi rusak oleh oksidasi serta menurunkan tekanan darah.

Minyak zaitun tidak dimurnikan serta mempertahankan antioksidan serta sifat lain yang membuatnya sangat sehat. Yakinkan buat memilih minyak zaitun extra- virgin dari sumber yang mempunyai reputasi baik, sebab banyak minyak zaitun dicampur dengan minyak yang lebih murah seperti jagung serta kedelai.

“ Minyak zaitun memiliki asam oleat sehat, mempunyai khasiat untuk tekanan darah serta kesehatan jantung.”

  • Cuka Apel

Cuka apel mempunyai banyak khasiat kesehatan, walaupun dibuat dari apel, gula dalam buah difermentasi jadi asam asetat serta produk yang dihasilkan memiliki kurang dari 1 gr karbohidrat per sendok makan.

Cuka apel sudah teruji meningkatkan sensitivitas insulin serta menurunkan kandungan gula darah puasa.

Pula bisa mengurangi reaksi gula darah sebanyak 20% kala dikonsumsi dengan makanan yang memiliki karbohidrat.

Orang dengan diabet yang tidak terkontrol mempunyai penurunan gula darah puasa 6% pada saat mereka mengambil 2 sendok makan cuka sari apel saat sebelum tidur.

Cuka apel pula dapat memperlambat pengosongan perut serta membuat Anda merasa kenyang.

Tetapi, ini dapat jadi permasalahan bagi orang- orang yang mempunyai gastroparesis, sesuatu kondisi pengosongan perut tertunda yang umum pada diabet, khususnya tipe 1.

Mulailah dengan 1 sendok teh dicampur dalam segelas air tiap hari. Tingkatkan sampai optimal 2 sendok makan per hari.

“ Cuka apel bisa meningkatkan sensitivitas insulin serta menurunkan kandungan gula darah serta bisa menolong Anda merasa kenyang lebih lama.”

  • Stroberi

Stroberi merupakan salah satu buah sangat bergizi yang dapat Anda makan, mempunyai antioksidan besar yang diketahui sebagai anthocyanin.

Antosianin sudah teruji kurangi kadar kolesterol serta insulin sehabis makan, pula bisa meningkatkan gula darah serta aspek resiko penyakit jantung pada diabet jenis 2.

Satu cangkir stroberi memiliki 49 kalori serta 11 gr karbohidrat, 3 di antaranya merupakan serat.

“ Stroberi merupakan buah rendah gula yang mempunyai sifat antiinflamasi yang kuat serta bisa menolong mengurangi resiko penyakit jantung.”

  • Bawang putih

Bawang putih merupakan ramuan lezat dengan khasiat kesehatan yang mengesankan. Sebagian penelitian menampilkan kalau Bawang putih bisa mengurangi peradangan, gula darah serta kolesterol LDL pada diabetisi jenis 2.

Bawang putih pula bisa jadi sangat efisien dalam mengurangi tekanan darah.

Dalam suatu penelitian, orang dengan tekanan darah besar yang tidak terkontrol yang komsumsi bawang putih berusia 12 minggu rata- rata hadapi penurunan 10 poin tekanan darah.

Satu siung bawang putih mentah hanya memiliki 4 kalori serta 1 gr karbohidrat.

“ Bawang putih membantu menurunkan gula darah, peradangan, kolesterol LDL serta tekanan darah pada diabetisi.” 

Please rate this